2012년 8월 19일 일요일

실화의 장금 tentang JangGeum (2) @bahasa indonesia

Jang Geum

From Wikipedia, encyclopediaJump ke: navigasi, cariUntuk seri TV Korea Selatan, melihat Dae Jang Geum.
Jang Geum

Lahir 15 abad MasehiJoseon (Korea)Abad ke-16 CE MeninggalJoseon (Korea)Kebangsaan Joseon (Korea)Nama lainnya Dae Jang Geum (Great Jang Geum)Pekerjaan DokterDikenal untuk Menjadi dokter wanita pertama pribadi seorang raja Korea (Jungjong Joseon)Jang GeumHangul 장금Hanja 长 今Revisi Romanisasi Jang GeumMcCune-Reischauer ChanggeumPerhatikan bahwa "Jang Geum" hanyalah nama yang diberikan; nama keluarganya tidak diketahui.

Jang Geum (fl. awal abad 16, nama keluarga tidak diketahui) adalah konon Dokter hanya Kerajaan wanita dalam sejarah Korea. Dia menyebutkan sekitar tujuh kali dalam Sejarah dari Dinasti Joseon, meskipun dengan detail yang sangat kabur dan samar. Diketahui, bagaimanapun, bahwa Raja Jungjong senang dengan pengetahuan medis Jang Geum dan mempercayainya dengan merawat anggota keluarga kerajaan. Untuk selanjutnya, Jang Geum menjadi perwira berpangkat tertinggi ketiga di Pengadilan, dan diberikan penggunaan Dae (yang berarti "besar" dalam bahasa Korea) sebelum nama depannya.Meskipun sumber yang membuktikan Jang Geum sebagai pribadi yang nyata, [1] [2] [3] itu masih menjadi topik perdebatan di kalangan ulama.Perlu dicatat bahwa Jang Geum masih, sampai hari ini, dokter-satunya perempuan dari kepala Korea negara atau pemerintah.Isi [hide]1 Mentions di Annals dari Dinasti Joseon2 Perhatian dalam sejarah medis lainnya3 penggambaran di televisi4 Lihat pula5 Referensi
[Sunting] Mentions di Annals dari DynastyMentions Joseon Jang Geum, atau "dokter wanita", terjadi pada kesempatan ini:Maret-April 1515, ketika istri kedua Jungjong itu (Ratu Janggyeong) meninggal akibat komplikasi persalinan. Imperial pengadilan petugas mencoba membujuk raja untuk menghukum semua wanita medis yang merawat istri raja (termasuk Jang Geum) parah. Raja Jungjong menolak, mengatakan bahwa:"Jang Geum layak mendapat kredit besar untuk perannya dalam persalinan yang aman dari wanita istana, tapi saya tidak pernah diberikan padanya atas tindakannya sampai sekarang, karena urusan lain. Sekarang Anda (petugas pengadilan) memberitahu saya untuk menghukumnya karena Ratu sudah mati, tapi aku tidak akan melakukannya juga karena saya tidak akan membalas nya Itu sudah cukup.. "

1524, ketika Annals mencatat bahwa:"Dae Jang Geum lebih baik daripada perempuan medis lainnya di Istana. Akibatnya, dia diijinkan untuk merawat Raja"
1533, ketika Annals tersebut mengutip komentar oleh Raja pada kesehatannya:"Saya sudah pulih dari sakit beberapa bulan, The Dokter Royal dan Apoteker pantas pujian.. Jang Geum dan Kye-Geum, dua perempuan medis, juga akan dihargai dengan 15 kantong beras, 15 karung kacang, dan 10 kain, masing-masing."

29 Januari 1544, ketika Annals itu mengutip perintah yang dikeluarkan oleh Raja:"Saya belum dieksekusi tugas saya untuk waktu yang lama sejak saya pilek Beberapa hari lalu, saya menghadiri seminar akademis (untuk mendiskusikan filsafat),. Tetapi cuaca dingin membuat kondisi saya lebih buruk. Saya sudah bilang Bak Se-geo dan Hong Chim, dokter kerajaan, dan atas kesehatan wanita Dae Jang-geum untuk membahas tentang resep Mari Menteri Medis tahu itu.. "
9 Februari 1544, ketika Annals mengatakan Raja memuji Dae Jang Geum untuk pemulihan dari flu.25 Oktober 1544, ketika Annals mencatat percakapan antara Menteri Kerajaan dan Jang Geum tentang kesehatan sang Raja, yang dengan cepat memburuk. Jang Geum dikutip untuk mengatakan ini:"Dia (Raja) tidur sekitar tengah malam kemarin, dan juga tidur untuk waktu yang singkat pada waktu fajar Dia hanya sudah buang air kecil nya,. Tetapi telah sembelit selama lebih dari 3 hari."
26 Oktober 1544, ketika Annals itu mengutip ini dari Raja:Aku masih sembelit. Apa resep harus dibuat sedang dibahas. Dokter wanita (Dae Jang Geum) tahu semua tentang kondisi saya. "Kemudian, Jang Geum menjelaskan resep nya untuk gejala raja kepada para menteri.29 Oktober 1544, ketika Annals melaporkan bahwa Raja telah pulih dan ia diberikan semua petugas medis liburan. (56 tahun Raja akhirnya meninggal 17 hari kemudian, pada tanggal 15 November 1544.)Catatan pada 29 Oktober 1544 adalah entri terakhir tentang Jang Geum.
 

[Sunting] Sebutkan dalam medis lainnya annalsJang Geum juga disebutkan dalam judul buku "Yi dinasti Medical Officer 's Journal". Berikut ini adalah teks tentang asal-usul Jang Geum dan prestasi, sebagaimana dicatat dalam jurnal medis."Medical Lady Jang Geum, yang asal wortel ditelusuri, menerima hak untuk disebut 'Dae Jang Geum" di bawah sebuah dekrit yang dikeluarkan oleh Raja ke-11 Korea, Jungjong, pada tahun ke-18 pemerintahannya [1524-1525]. Pada saat itu, tidak ada preseden dari Lady Medis mengobati Raja, tapi Kaisar dipercaya dalam metode Jang Geum tentang mengobati penyakit dengan makanan. Jang Geum, dengan pemberian hak untuk menggunakan "Dae" dalam namanya, tentu seorang wanita epik yang namanya akan tercatat dalam buku sejarah. "[Sunting] penggambaran di televisionJang Geum digambarkan di Korea drama seri populer Dae Jang Geum (juga dikenal sebagai Jewel in the Palace) oleh Lee Young Ae. Acara ini kritis diterima dengan baik dan sukses peringkat yang luar biasa di banyak negara Asia. Namun, penggambaran Jang Geum dalam seri ini dianggap fiksi karena Jang Geum digambarkan sebagai Lady Chef-berpaling-Medis Palace. Hal ini terutama karena rincian samar Hidup Jang-Geum itu.[Sunting] Lihat also
Joseon DinastiDaftar Korea

[Sunting] References
1 ^ "Daejanggeum (Jewel in the Palace)".. Korea Tourism Organization. http://www.visitkorea.or.kr/ena/CU/CU_EN_8_5_1_6.jsp. Diakses pada 21 Pebruari 2012. "... Wanita hanya untuk melayani sebagai dokter kepala ke Raja dalam struktur sosial kaku hirarkis dan didominasi laki-laki dari Dinasti Joseon."

2. ^ "Daejanggeum taji terus tertarik masakan istana". Hancinema. 8 Januari 2009. http://www.hancinema.net/daejanggeum-spurs-continuing-interest-in-royal-court-cuisine-17593.html. Diakses pada 21 Pebruari 2012. "Janggeum adalah orang yang nyata, yang disebutkan dalam sejarah Dinasti Joseon yang tinggal di Korea sekitar 500 tahun lalu."
3. ^ Shin, Myung-Ho (2008). "Sejarah dari Sejarah Joseon Dibawa Untuk Hidup oleh Era Digital". http://koreana.kf.or.kr/pdf_file/2008/2008_AUTUMN_E022.pdf. Diakses pada 21 Pebruari 2012. "Ketika produser Lee Byung Hoon bekerja pada drama sejarah" Heo Jun, "ia datang di sebuah bagian penting ketika mencari Sejarah dari Dinasti Joseon untuk informasi tentang Heo Juni (1539-1615), pengadilan Joseon dokter yang menghadiri . keluarga kerajaan Itu adalah pernyataan oleh Raja Jungjong (m. 1506-1544) yang menyatakan: ". Tidak ada yang tahu penyakit saya dan juga Jang Geum" "

댓글 없음:

댓글 쓰기