2012년 8월 20일 월요일

김치 tendang KimChi (1) @ind

Kimchi



Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi, cari
 
Kimchi 
Jump to: navigation, search
Kimchi
Korean name
Hangul김치
Revised Romanizationgimchi
McCune–Reischauerkimch'i
  Korea nama Kimchi Hangul Revisi Romanisasi gimchi McCune-Reischauer kimch'i
 




Kimchi (Korea: kimchi; / kɪmtʃi /)., Juga dieja chee gimchi, kimchee, atau kim, adalah masakan tradisional Korea yang difermentasi terbuat dari sayuran dengan berbagai bumbu [1] [2] [3] Ada ratusan varietas kimchi dibuat dengan bahan sayuran utama seperti napa kubis, lobak, bawang daun, atau mentimun [4] Kimchi juga merupakan bahan utama untuk masakan Korea banyak seperti sup kimchi (kimchi rebusan; jjigae kimchi)., sup kimchi (count ayam Anda sebelum mereka menetas; kimchiguk), dan nasi goreng kimchi (kimchi nasi goreng; bokkeumbap kimchi).


Isi
 
[Sembunyikan] 1 Sejarah 2 Bahan utama 3 Varietas 3.1 Daerah 3,2 Seasons 3.2.1 Musim Semi 3.2.2 Musim Panas 3.2.3 Musim Gugur 3.2.4 Musim Dingin 4 Nutrisi dan kesehatan 5 1996 sengketa Jepang kimchi 6 2010 kimchi bahan harga krisis 7 Galeri 8 Lihat pula 9 Referensi 10 Bacaan lebih lanjut 11 Pranala luar
 
[Edit] Sejarah
 
Kuno Kimchi


Ancient Kimchi

Referensi paling awal untuk acar sayuran di Asia Timur ditemukan dalam Xin Nan Shan 信 南山 puisi dari Jing Shi (诗经), yang menggunakan karakter 菹 (Korea "jeo", Mandarin Cina "zu"). Para ji adalah istilah yang digunakan sampai pra-modern istilah chimchae (hanja:. 沉 菜, lit sayuran direndam)., Dimchae, dan timchae diadopsi pada periode Tiga Kerajaan Korea [5] Kata kemudian dimodifikasi menjadi jimchi, dan saat ini kimchi.
Kimchi Awal terbuat dari saham kubis dan daging sapi saja. Cabai merah, sayuran Dunia Baru tidak ditemukan di Korea sebelum kontak Eropa dengan Amerika, diperkenalkan ke Korea dari Jepang setelah invasi Jepang (1592-1598) dan menjadi bahan pokok di kimchi [6]. Merah cabai serpih sekarang digunakan sebagai bahan utama untuk bumbu dan sumber panas untuk banyak jenis kimchi. Pada abad kedua belas rempah-rempah lainnya, menciptakan rasa seperti warna manis dan asam, dan, seperti putih dan oranye, yang ditambahkan [7].
[Edit] bahan Utama  
Cabai pengeringan untuk kimchi Kimchi varietas ditentukan oleh bahan nabati utama dan campuran bumbu yang digunakan untuk rasa kimchi tersebut.
Chili peppers drying for kimchi


Field Museum Kimchi di Seoul telah mendokumentasikan 187 varietas bersejarah dan saat kimchi. Bahan dapat diganti atau ditambahkan tergantung pada jenis kimchi yang dibuat. Bumbu yang paling umum termasuk air garam, daun bawang, rempah-rempah, jahe, lobak cincang, bawang putih, saeujeot (hangul: udang, saus udang), dan aekjeot (hangul: saus, saus ikan).


[Edit] Varietas 
 

Tongkimchi, gulgimchi (kimchi with additional oyster) and other banchan
 
Tongkimchi, gulgimchi (kimchi dengan tiram tambahan) dan banchan lain Kimchi dapat dikategorikan dengan bahan utama, daerah atau musim. Korea bagian utara dan selatan memiliki perbedaan suhu yang cukup besar. [8]
Kimchi dari bagian utara Korea cenderung memiliki lebih sedikit garam, cabe merah kurang dan biasanya tidak memiliki makanan laut brined untuk bumbu. Kimchi Utara sering memiliki konsistensi encer. Kimchi dibuat di bagian selatan Korea, seperti Jeolla-do dan Gyeongsang-do, menggunakan garam, cabai dan myeolchijeot (hangul: ikan teri, ikan teri brined diizinkan untuk fermentasi) atau saeujeot (hangul: Udang, udang brined diizinkan untuk memfermentasi) , myeolchiaekjeot (Hangul: saus, "kkanariaekjeot" kkanariaekjeot, cair ikan teri jeot, mirip dengan kecap ikan digunakan di Asia Tenggara, tapi lebih tebal).
Saeujeot (hangul: udang) atau myeolchijeot tidak ditambahkan ke dalam campuran bumbu-bumbu kimchi, tetapi direbus pertama untuk mengurangi bau, menghilangkan rasa tannic dan lemak, dan kemudian dicampur dengan pengental yang terbuat dari tepung beras atau gandum (Hangul: Kendali ). Teknik ini telah jatuh ke dalam tidak digunakan selama empat puluh tahun terakhir.
Kimchi putih (baek kimchi) adalah baechu (napa kubis) tanpa dibumbui cabai dan bukan berwarna merah atau pedas. Kimchi lobak putih (dongchimi) adalah contoh lain dari kimchi yang tidak pedas. Varietas kimchi berair putih kadang-kadang digunakan sebagai bahan dalam sejumlah hidangan seperti mie dingin di dongchimi air garam (dongchimi guksu).
[Edit] Kawasan
Traditional jars used for storing kimchi, gochujang, doenjang, soy sauce and other pickled banchan



 
Kimchi buchimgae, a savoury Korean pancake with kimchi








Tradisional guci digunakan untuk menyimpan kimchi, gochujang, doenjang, kecap dan acar banchan lain Klasifikasi daerah tanggal kembali ke 1960-an dan berisi banyak fakta sejarah, tetapi kimchi keputusan saat ini tren di Korea umumnya berbeda dengan yang disebutkan di bawah ini. [8]



Hamgyeong-do (Timur Laut Atas): Karena kedekatannya dengan laut, warga di daerah tertentu menggunakan ikan segar dan tiram ke musim kimchi mereka.


Hwanghae-do (Midwest): Rasa kimchi di Hwanghae-do tidak hambar tapi tidak terlalu pedas. Kimchi Kebanyakan dari daerah ini memiliki warna kurang sejak cabai merah serpih tidak digunakan. Kimchi khas untuk Hwanghae-do disebut labu kimchi (Bundi). 

 

Buchimgae kimchi, sebuah gurih Korea pancake dengan kimchi


Gyeonggi-do (Midwest Bawah Hwanghae-do)
Chungcheong-do (Antara Gyeonggi-do dan Jeolla-do): Alih-alih menggunakan ikan fermentasi, orang di wilayah itu mengandalkan garam dan fermentasi untuk membuat kimchi gurih. Chungcheong-do memiliki varietas yang paling kimchi.

  Gangwon-do (Korea Selatan) / Kangwon-do (Korea Utara) (Timur Tengah): Dalam Gangwon-do, kimchi disimpan untuk waktu yang lebih lama. Tidak seperti daerah pesisir lainnya di Korea, kimchi di daerah ini tidak mengandung banyak ikan asin. Jeolla-do (Barat Daya Rendah): Corvina kuning asin dan butterfish asin digunakan di wilayah ini untuk membuat bumbu berbeda untuk kimchi.

  Gyeongsang-do (Tenggara Rendah): Masakan Daerah ini adalah asin dan pedas. Komponen bumbu yang paling umum termasuk Duu haszing dan myeolchijeot (teri) yang menghasilkan rasa asin dan gurih. Negara asing: Di beberapa tempat orang-orang dunia terkadang membuat kimchi dengan kubis barat dan bahan banyak alternatif lain seperti brokoli [9] [10].





[Edit] Seasons
Berbagai jenis Kimchi secara tradisional dibuat pada waktu yang berbeda tahun ini, berdasarkan berbagai sayuran ketika berada di musim dan juga untuk mengambil keuntungan dari musim panas dan dingin sebelum era pendinginan. Meskipun munculnya pendinginan modern - termasuk kulkas kimchi khusus dirancang dengan kontrol yang tepat untuk menjaga berbagai varietas kimchi pada suhu yang optimal pada berbagai tahap fermentasi - telah membuat musim ini tidak perlu, Korea terus mengkonsumsi kimchi sesuai dengan preferensi musiman tradisional [11].

 
Dongchimi (동치미) is largely served during winter.


Dongchimi (lobak) sebagian besar dilayani selama musim dingin.


[Edit] Musim Semi Setelah lama kimchi gimjang memakan (hangul: kimchi) selama musim dingin, potherbs segar dan sayuran yang digunakan untuk membuat kimchi. Ini jenis Kimchi tidak difermentasi atau bahkan disimpan untuk jangka waktu yang lama tetapi dikonsumsi segar.
[Edit] Musim Panas Musim panas lobak dan mentimun adalah musim panas sayuran dibuat menjadi kimchi, kimchi yeolmu (hangul: kimchi lobak) yang dimakan dalam beberapa gigitan. Brined ikan atau kerang dapat ditambahkan, dan baru digiling cabai kering sering digunakan.
[Edit] Autumn Baechu kimchi dipersiapkan dengan memasukkan bahan isian dicampur, disebut sok (secara harfiah di dalam), antara lapisan daun asin dari dipotong, kubis Napa keseluruhan. Sarana sok (hangul: genera) dapat bervariasi, tergantung pada daerah dan kondisi cuaca. Umumnya, kimchi baechu digunakan untuk memiliki rasa asin yang kuat sampai akhir 1960-an ketika sejumlah besar myeolchijeot atau saeujeot telah digunakan.
[Edit] Musim Dingin Secara tradisional, varietas terbesar kimchi yang tersedia selama musim dingin. Dalam persiapan untuk bulan musim dingin yang panjang, banyak jenis kimchi kimjang (hangul: kimchi) disusun awal musim dingin dan disimpan dalam tanah dalam pot kimchi besar. Hari ini, kulkas kimchi modern yang menawarkan kontrol suhu yang tepat digunakan untuk menyimpan kimchi kimjang. November dan Desember secara tradisional ketika orang mulai membuat kimchi; wanita sering berkumpul di rumah satu sama lain untuk membantu dengan persiapan kimchi musim dingin. "Baechu kimchi" dibuat dengan baechu asin diisi dengan strip tipis lobak, peterseli, kacang pinus, pir, chestnut, diparut lada merah, manna lichen (batu jamur), bawang putih, dan jahe.

[Edit] Gizi dan kesehatan
Kimchi dibuat dari berbagai sayuran dan mengandung konsentrasi tinggi serat makanan, [12] [13] sementara yang rendah kalori. Satu porsi juga menyediakan lebih dari 50% dari jumlah yang direkomendasikan harian vitamin C dan karoten. Kebanyakan jenis kimchi mengandung bawang, bawang putih, dan cabai, yang semuanya bermanfaat. Sayuran yang dibuat menjadi kimchi juga berkontribusi terhadap nilai gizi secara keseluruhan. Kimchi kaya dengan vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), kalsium, dan zat besi, [14] [15] dan berisi sejumlah bakteri asam laktat, di antara mereka yang kimchii spesies khas Lactobacillus [16]. [17 ] [18] Kesehatan majalah bernama kimchi dalam daftar dari "Makanan Tersehat Dunia" top lima untuk menjadi kaya akan vitamin, pencernaan membantu, dan bahkan mungkin mengurangi pertumbuhan kanker. [19]

 

Kimchi jjigae Namun, sebuah studi 2005 di Korea Selatan menemukan bahwa bila dimakan dalam jumlah besar, kimchi meningkatkan risiko kanker lambung, terutama di antara orang dengan sifat genetik tertentu. [20]
Satu studi yang dilakukan oleh Universitas Nasional Seoul menyatakan bahwa ayam yang terinfeksi virus H5N1, yang juga disebut flu burung, pulih setelah makan makanan yang mengandung bakteri yang sama ditemukan dalam kimchi. Selama wabah SARS 2003 di Asia, banyak orang bahkan percaya bahwa Kimchi dapat melindungi terhadap infeksi, meskipun tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung keyakinan ini. [21] [22] Namun, pada bulan Mei 2009, Korea Food Research Institute, negara Korea makanan organisasi penelitian, mengatakan mereka telah melakukan penelitian yang lebih besar pada 200 ekor ayam, yang mendukung teori bahwa itu meningkatkan kekebalan ayam terhadap virus tersebut. [23]


Nutritional composition of typical kimchi[24]
Nutrientsper 100 gNutrientsper 100 g
Food energy32 kcalMoisture88.4 g
Crude protein2.0 gCrude Lipid0.6 g
Total sugar1.3 gCrude fiber1.2 g
Crude ash0.5 gCalcium45 mg
Phosphorus28 mgVitamin A492 IU
Vitamin B10.03 mgVitamin B20.06 mg
Niacin2.1 mgVitamin C21 mg



Gizi komposisi kimchi khas [24] Nutrisi Nutrisi per 100 g per 100 g Makanan energi 32 kkal Moisture 88,4 g Protein kasar 2,0 g mentah Lipid 0,6 g Jumlah gula mentah serat 1,3 g 1,2 g Mentah abu 0,5 g Kalsium 45 mg Fosfor 28 mg Vitamin A IU 492 Vitamin B1 0,03 mg Vitamin B2 0,06 mg Niasin 2,1 mg Vitamin C 21 mg




[Edit] 1996 sengketa kimchi Jepang Pada tahun 1996, Korea memprotes produksi komersial Jepang "kimchi" dengan alasan bahwa produk Jepang yang diproduksi (kimuchi) berbeda dengan kimchi (khususnya, bahwa itu tidak difermentasi). Korea melobi untuk standar internasional dari Codex Alimentarius, sebuah organisasi yang terkait dengan Organisasi Kesehatan Dunia yang mendefinisikan standar sukarela untuk persiapan makanan untuk tujuan perdagangan internasional [22] [25] Pada tahun 2001. Codex Alimentarius menerbitkan sebuah standar sukarela mendefinisikan kimchi sebagai " makanan fermentasi yang menggunakan kubis asin napa sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan bumbu, dan berjalan melalui proses produksi asam laktat pada suhu rendah ", tetapi tidak menentukan jumlah minimum fermentasi atau melarang penggunaan aditif. [26] [pihak ketiga sumber yang diperlukan]


[Edit] 2010 kimchi krisis bahan harga

Karena hujan deras memperpendek waktu panen untuk kubis dan bahan-bahan utama lainnya untuk kimchi pada tahun 2010, lonjakan besar terjadi dalam harga bahan kimchi dan kimchi itu sendiri. Koran Korea telah diberi label ini tragedi nasional [27] Dalam menanggapi krisis harga Kimchi, pemerintah Korea Selatan mengumumkan pengurangan sementara tarif atas impor kubis bertepatan dengan musim Kimjang.. [28]


[Edit] Galeri  Persiapan untuk membuat kimchi


 Seokryu kimchi dinamai delima seperti bentuknya


 Jang kimchi, acar dengan kecap

 Tampilkan diproduksi kimchi



[Edit] Lihat juga
 
Makanan Portal
 
Korea Portal
Makanan yang mengandung tyramine Jangajji Jeotgal Daftar kata bahasa Inggris asal Korea Pao cai Asinan kubis Torshi




[Edit] Referensi
^ [1] Encyclopædia Britannica artikel tentang "kimchi" ^ Kim, M.; Chun, J. (2005). "Komunitas Struktur Bakteri di Kimchi, seorang Makanan Fermentasi Sayuran Korea, sebagai Terungkap oleh Analisa 16S rRNA gen". International Journal of Food Microbiology. 103 (1), 91-96. Lihat Abstrak. ^ Chin, Mei. "Seni Kimchi". Saveur. http://www.saveur.com/article/Kitchen/The-Art-of-Kimchi. Diakses pada 9 Agustus 2010. ^ "A World of Kimchi". Saveur. ^ (Korea) nama kimchi (nama) dari Hankyoreh21 ^ Yoon, Sook-ja. Good Morning Kimchi! Hollym International Corporation, 2005. Pg. 11 ^ Kimchi Museum Situs Resmi ^ A b "Kimchi." Yahoo Korea Ensiklopedia ^ "North Texas Hidup Tradisional". Membuat Kimchi. http://www.traditionaltx.us/Heidi%% 27s% 20kimchi 20recipe.pdf. Diperoleh 14 Februari 2011. ^ "TreeLight". Ultimate Kimchi. http://www.treelight.com/health/nutrition/UltimateKimchi.html. Diperoleh 14 Februari 2011. ^ "Berteknologi tinggi kulkas kimchi tetap renyah makanan favorit Korea". Hong Kong Trade Development Council. 14 Maret 2002. http://www.tdctrade.com/imn/02031402/food19.htm. Diperoleh 14 Februari 2008. ^ Nilai Kimchi Gizi ^ Kimchi oleh Nancy Berkoff, RD, Edd, CCE ^ "Makanan di Korea". Asianinfo.com. http://www.asianinfo.org/asianinfo/korea/food.htm # KIM% 20CHI. Diperoleh 30 Januari 2007. ^ "Kimchi". Tour2korea.com. http://english.visitkorea.or.kr/enu/OO/OO_EN_13_1_2.jsp?cid=347478. Diperoleh 30 Januari 2007. ^ Http :/ / ijs.sgmjournals.org/cgi/reprint/50/5/1789.pdf ^ Jung-Sook Leea, Gun-muda Heoa Jun Won Leea, Yun-Jung OHA, Jeong A (15 Juli 2005) jaket, Yong-Ha jaket, Yu-Ryang Pyunb dan Jong Seog Ahn. "Analisis Mikroflora Kimchi Menggunakan Gradient Gel Elektroforesis denaturing". International Journal of Food Microbiology. Volume 102, Issue 2. hal 143-150. ^ Myungjin Kim; Jongsik Chun (15 Agustus 2005). . "Komunitas Struktur Bakteri di Kimchi, seorang Makanan Fermentasi Sayuran Korea, sebagai Terungkap dengan 16S rRNA Analisis Gene International Journal of Food Microbiology.. Volume 103, Issue 1. Pp. 91-96 ^ Raymond, Joan. "Dunia Healthiest Foods: Kimchi (Korea)". Kesehatan. ^ "Kimchi dan kedelai pasta merupakan faktor risiko kanker lambung". World Journal of Gastroenterology 11 (21): 3175-3181. 2005 http://www.wjgnet.com/1007-9327/11/3175.pdf. Diperoleh 31 Januari 2012. ^ "Dish Korea Semoga Cure Flu Burung". BBC News. 14 Maret 2005. http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/4347443.stm. Diperoleh 4 April 2010. ^ A b Magnier, Markus (17 Juni 2003). "Dalam Age of SARS, Korea Kimchi Tout Cure". Los Angeles Times. http://articles.latimes.com/2003/jun/17/entertainment/et-magnier17. Diakses pada 7 Mei 2010. ^ "Kbs Global". English.kbs.co.kr. http://english.kbs.co.kr/News/News/News_view.html?id=Dm&No=63596. Diakses pada 9 Agustus 2010. ^ Dari Korea Food Research Institute ^ Sims, Calvin (Februari 2000) "Kubis Kubis Apakah Belum Pecinta Kimchi;? Korea Ambil Masalah dengan Rendition Dish Nasional mereka Buatan Jepang". The New York Times. ^ CODEX STANDAR kimchi Codex Alimentarius Commission ^ McDonald, Mark (14 Oktober 2010). "Rising Biaya Kimchi Korea Alarm". The New York Times. http://www.nytimes.com/2010/10/15/world/asia/15kimchi.html?_r=2&src=me&ref=general. Diperoleh 16 Oktober 2010. ^ Staf (7 Oktober 2010). Oktober 2010 "Kimchi Korea Selatan Krisis". Economist. http://www.economist.com/node/17204655?story_id=17204655 Oktober 2010. [Edit] Bacaan lebih lanjut Park, Kun-Young; Cheigh, Hong-Sik (2003). Handbook of Pelestarian Sayuran dan Pengolahan. CRC Press. hal 189-222. ISBN 0-8247-4301-6. http://books.google.com/?id=dVpQVJ46C5gC&pg=PA192&dq=kimchi. Diperoleh 18 Mei 2008. Gannon, Martin J. (2004). Memahami Budaya Global. Sage Publications. hal 123-130. ISBN 0-7619-2980-0. http://books.google.com/?id=4X0KY9cVm7MC&pg=PA123&dq=kimchi. Diperoleh 18 Mei 2008. [Edit] Pranala luar
 
Wikibooks Cookbook memiliki resep / modul pada Kimchi
 
Wikimedia Commons memiliki galeri mengenai: Kimchi
A sampai Z dari itu Kimchi - The Korea Resmi Pariwisata Situs Panduan Korea kimchi situs tradisional yang disponsori oleh Agro-Perikanan Korea Trade Corp Kimchi> Sejarah di situs resmi Organisasi Pariwisata Korea Korea Food Research Institute



Kimchi
 
Baek kimchi Dongchimi Dubu kimchi Kimchi Field Museum Kimchi bokkeumbap Kimchi kulkas Kimchijeon Kkakdugi Lactobacillus kimchii Nabak kimchi
 
 
Diperoleh dari "http://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Kimchi&oldid=506593781"

댓글 없음:

댓글 쓰기